Pemerintah Memasang Ribuan CCTV Untuk Meningkatkan Pelayanan Publik

27 May 2019

Pengunaan kamera CCTV semakin banyak ditemukan di sekitar kita, baik digunakan oleh perorangan, instansi swasta ataupun intansi pemerintah. Harga CCTV yang makin terjangkau serta kemudahan dalam membeli membuat kamera CCTV kian populer untuk meningkatkan keamanan di rumah, supermarket, jalan dan sebagainya. Selain untuk keamanan di gedung atau di rumah, rupanya pemerintah mulai menggunakan kamera CCTV untuk mengamati aktivitas warganya di tempat-tempat umum secara keseluruhan.

Pemerintah sedang gencar-gencarnya melakukan pemasangan CCTV di Indonesia, khususnya di kota-kota besar, seperti Bandung, Jakarta dan Surabaya. Pemerintah berencana untuk memasang sebanyak 500 CCTV di Bandung, 1714 CCTV di Jakarta dan 1000 CCTV di Surabaya. Pemasangan CCTV berikut akan dilakukan di titik-titik yang rawan kecelakaan, tindakan kriminal, tempat hiburan, daerah rawan kemacetan dan serta kantor-kantor pemerintahan.

Tujuan dipasangnya CCTV di instansi pemerintah semata-mata untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan dapat membantu pemerintah, kepolisian dan pihak terkait untuk lebih cepat mengambil tindakan apabila ada kejadian yang membutuhkan bantuan dimanapun dan kapanpun. Selain itu, adanya teknologi pengenalan wajah (face recognition), yang dapat digunakan untuk menangkap gambar pelaku kejahatan yang seringkali tanpa sadar wajahnya telah terdeteksi di kamera CCTV. Teknologi ini tentu membantu kinerja polisi untuk mencari dan menangkap pelaku kejahatan.

Terdapat perbedaan CCTV yang digunakan oleh pemerintah dengan penggunaan pribadi yang biasanya dipasang di rumah. CCTV yang digunakan oleh pemerintah harus memiliki data centerdengan ruang penyimpanan besar dan hasil rekamannya hanya bisa diakses oleh orang-orang tertentu. Hal ini tentu dikarenakan adanya rekaman yang sangat rahasia, seperti kejadian lalu lintas, kriminalitas, kinerja di pemerintahan ataupun ruang penyimpanan rahasia negara. Sedangkan CCTV yang digunakan di perumahan, hasilnya dapat dikonsumsi oleh pribadi ataupun pihak lain karena hasil rekamannya hanya mencakup kejadian di area perumahan tersebut. Selain itu, tidak membutuhkan data center dengan ruang penyimpanan dengan kapasitas besar.

Untuk mengetahui produk CCTV yang anda perlukan, kunjungi https://www.indolok.id/product/CCTV-2MP-DOME