Artikel & Event

Mengerti Masa Kedaluwarsa APAR dan Metode Merawatnya

Mengerti Masa Kedaluwarsa APAR dan Metode Merawatnya

16 Sep 2021

Mengerti Masa Kedaluwarsa APAR dan Metode Merawatnya

Permasalahan mobil terbakar yang gempar berlangsung balik ini membuat owner mobil wajib siaga mempersiapkan bermacam perihal selaku wujud penghindaran. Salah satu triknya ialah dengan membawa perlengkapan pemadam api ringan( APAR).

Walaupun demikian, tidak banyak yang mengerti macam mana metode menjaga peranti tersebut. Buat dikenal, APAR butuh dirawat dengan baik supaya bila sewaktu- waktu mau digunakan, peranti tersebut bisa bekerja dengan optimal. Daripada itu, owner mobil diharuskan buat mengecek keadaan APAR secara langsung, apakah ada kebocoran ataupun tidak. APAR yang mengalami kebocoran bisa dilihat dengan menyusutnya jarum penanda tekanan hawa( pressure gauge) yang ada pada bagian atas tabung APAR.

Amati Gambar perlengkapan pemadam api ringan( APAR) terpasang di dalam mobil. Kepala Seksi Operasional Suku Dinas( Kasi Ops Sudin) Pemadam Kebakaran( Damkar) Jakarta Selatan Sugeng berkata, APAR mempunyai masa kedaluwarsa serta butuh ditukar isinya. Bagi Sugeng, idealnya pergantian ataupun diisi ulang tiap satu tahun sekali.“ APAR dapat bertahan sampai 3 tahun bila ditaruh di tempat yang kering,” ucap Sugeng. Sugeng menganjurkan, agar meletakkan APAR di tempat yang terlindung dari cahaya matahari langsung.“ APAR dapat ditaruh di dasar jok depan ataupun di bagasi balik,” katanya. Tidak hanya mengecek masa kedaluwarsanya, dianjurkan buat mengocok tabung APAR tiap 3 hari sekali. Tujuannya supaya isi pada APAR tidak membeku.