Menciptakan Kenyamanan dan Keamanan Lobby di Gedung Perkantoran

21 Feb 2019

Hampir setiap gedung perkantoran memiliki arus keluar masuk individu yang cukup pada, baik pekerja di gedung tersebut ataupun pengunjung gendung. Proteksi sistem keamanan dan manajemen tamu di Lobby, dimana arus keluar masuk individu terjadi, tentu diperlukan untuk menghindari adanya ancaman tindak kejahatan, masuknya individu yang tidak memiliki otorisasi bahkan dari tindak terorisme. Namun sistem keamanan juga harus mempertimbangkan kenyamanan dari para penghuni dan juga pengunjung gedung. Berikut ini tips untuk menjaga keamanan lobby di sebuah gedung perkantoran

Penggunaan ID dan Registrasi

Pastikan seluruh penghuni gedung memiliki dan memakai ID card. Selain sebagai tanda pengenal, ID card juga digunakan untuk membuka akses. Untuk tamu atau pengunjung, pastikan terdapat area registrasi untuk mendaftarkan identitas mereka dan mendapatkan akses sebelum memasuki gedung. Pastikan area registrasi  berlokasi di depan dan mudah ditemukan oleh pengujung.

Perhatikan Kerapihan Area Registrasi

Pelihara area resepsionis agar tetap rapi dan nyaman sehingga memudahkan petugas untuk melakukan proses registrasi secara teratur, menjadi pusat informasi atau bahkan  menjadi pusat pencarian barang-barang hilang (lost and found area)

Tingkatan Flow

Cari tahu mengenai  seberapa besar tingkat arus keluar masuk individu di lokasi anda.  Lakukan analisa mengenai sistem yang anda butuhkan untuk menangani tingkatan arus tersebut. Pertimbangkan juga seberapa cepat sistem tersebut bekerja sehingga tidak menimbulkan antrian.

Sistem Gerbang Otomatis

Gunakan gerbang pintu masuk otomatis untuk mengatur arus keluar masuk individu secara teratur serta mencegah masuknya individu yang tidak memiliki izin.

Sistem Terintegrasi

Pastikan ID Card dapat dikonfigurasi untuk identifikasi pengunjung yang datang ke dalam gedung untuk akses ke dalam lift dan area-area yang dapat dikunjungi tamu. Integrasikan seluruh sistem keamanan meliputi gerbang otomatis, CCTV, access control dan pemindai yang ada di seluruh gedung, dan lain lain

Rasio Laba Bersih Terhadap Biaya (ROI)

Lakukan penghitungan pengembalian investasi / Return On Investment (ROI) yang mana berkaitan dengan lifetime produk, dan efisiensi penggunaan energi. Konsultasikan dengan penyedia sistem keamanan yang sudah berpengalaman dan ahli.

Pelatihan Terencana

Pastikan semua penghuni gedung dan pihak terkait mengerti prosedur keamanan dan juga selalu sigap dalam bertindak jika berada dalam keadaan darurat. Lakukan pelatihan tanggap darurat secara rutin.

Desain

Untuk menambahkan keseluruhan desain dan menjadikan lingkungan yang lebih nyaman, pilihlah perlengkapan keamanan yang memiliki desain dan tampilan yang sesuai dengan interior gedung.