Hal dan Fitur yang Harus Anda Perhatikan Dalam Memilih CCTV

21 Feb 2019

Closed Circuit Television (CCTV) merupakan kamera video digital yang berfungsi untuk memantau suatu area dengan mengirimkan sinyal berupa video ke sebuah layar monitor. Pemasangan CCTV sudah sering kita ditemui hampir di setiap tempat umum, seperti bandara, kantor, mall, rumah sakit, gedung pertemuan, dll. Bahkan beberapa rumah sudah memasang CCTV untuk menunjang keamanan rumah.

Berikut ini beberapa hal dan fitur yang perlu diperhatikan dalam memilih CCTV:

Field of View

Perhatikan seberapa jauh sudut pandang yang dapat ditangkap kamera CCTV. Kamera terbaik menawarkan sudut panjang setidaknya 120°.

Resolution

Standar resolusi yang baik adalah 1080p. Namun tentu kamera cctv harus dapat menyesuaikan situasi dan kondisi untuk merekam foto atau video dalam resolusi yang tinggi.

CCTV Indoor & Outdoor

Pilih CCTV sesuai dengan lokasi penempatannya apakah di dalam atau luar ruangan. Kamera outdoor biasanya waterproof , weatherproof, dapat mereduksi cahaya matahari, serta memiliki LED infrared yang lebih banyak dibandingkan dengan kamera CCTV indoor. Sedangkan pada kamera CCTV indoor dilengkapi dengan infrared, dan sudah dilengkapi teknologi ICR (IR CUT Filter) untuk menangkap gambar dalam keadaan gelap atau sama sekali tidak ada cahaya.

Live Stream

Fitur ini yang biasa dikenal dengan cctv online memungkinkan kita untuk melihat hasil tangkapan kamera secara langsung (real-time) dengan menyambungkan kamera CCTV dengan laptop, komputer ataupun handphone.

Face Recognition

Face recognition 3D dapat menangkap foto permukaan wajah manusia secara 3D. Software ini mengenali bagian-bagian khusus pada wajah manusia, yakni jaringan otot dan tulang wajah yang menonjol, seperti bentuk cekungan mata, hidung, dan dagu. Face recognition 3D ini dapat mengenali wajah manusia dalam kegelapan dan dari sudut pandang yang berbeda, hingga 90°.

People Counting (Sistem Penghitungan Orang)

Fitur ini memungkinkan penghitungan jumlah orang yang ada di suatu area secara rinci dan real-time. Misalnya pada bisnis retail yang memerlukan penghitungan orang berbasis video untuk mendapatkan data pelanggan dan menganalisa perilaku pelanggan yang datang ke lokasi mereka. Fitur ini juga dapat dimanfaatkan oleh museum dan event organizer untuk memudahkan untuk melakukan perhitungan statistik pengunjung.

Night vision

Fitur ini memungkinkan untuk merekam gambar pada malam hari sehingga memberikan proteksi selama dua puluh empat jam penuh.

Motion Detection

Fitur ini berfungsi untuk merekam segala pergerakan yang ada di depan kamera (orang, mobil, dan lain-lain) dan hampir dimiliki berbagai merek ip camera cctv atau network camera. Sistem pendeteksi gerakan ini dapat menganalisa frame video. Sensivitas sistem pendeteksi gerakan ini dapat disesuaikan dengan kondisi yang ada.

Two Way Audio

Fitur ini memungkinkan anda untuk berkomunikasi dengan seseorang yang berada di depan kamera anda ketika anda tidak berada di tempat, fitur ini dapat digunakan dengan menggunakan aplikasi via handphone.