Dengan Adanya Produk Keamanan, Apakah Selalu Aman?

31 May 2019

Pengadaan perlengkapan keamanan dan melakukan instalasi sistem keamanan yang sesuai sangatlah penting dalam memberikan proteksi di suatu area seperti perumahan, perkantoran, gedung bertingkat, dan lain-lain. Namun melakukan pemeliharaan dan kontrol pada produk dan sistem keamanan juga wajib dilakukan secara rutin dan dilakukan oleh ahlinya. Pemeliharaan dan kontrol ini dilakukan untuk memastikan bahwa seluruh produk dan sistem masing berfungsi dengan maksimal dan sesuai dengan desain awal.


Jika kita merasa dengan sudah hadirnya produk maupun sistem keamanan di area kita lalu kita sudah bisa tenang?

Jangan lupa masih ada yang harus diperhatikan lagi, yaitu: apakah produk dan sistem yang tersedia tersebut masih prima atau masih dapat diandalkan? Sebagai contoh, tabung pemadam dengan media powder harus melakukan isi ulang dan pengecekan pengecekan minimal satu kali dalam dua tahun. Hal ini wajib dilakukan, karena powder dapat berubah menjadi beku sehingga apabila keadaaan darurat terjadi powder tidak keluar ketika disemprot. Perawatan tabung pemadam dengan media lain seperti Foam, CO2 dan Halotron tentu membutuhkan perawatan yang berbeda pula.

Frekuensi dan jenis maintenance untuk setiap perlengkapan dan sistem keamanan tentu berbeda satu sama lain. Berikut ini penjelasan umum mengenai frekuensi dan jenis maintenance untuk setiap perlengakpan dan sistem keamanan:
Sistem Keamanan Frekuensi Maintenance Jenis MaintenanceFire Extinguisher Powder 2 Tahun 1X pemeriksaan Refilling dan performance testFire Extinguisher Foam 1 tahun 1X pemeriksaan Refilling dan performance testFire Extinguisher CO2 5 tahun 1X pemeriksaan Refilling dan performance testFire Extinguisher Halotron 5 tahuhn 1X pemeriksaan Refilling dan performance testCCTV System 1 tahun 4X pemeriksaan Cleaning, Calibration, ProgrammingEntrance Security System 1 tahun 4X pemeriksaan Cleaning, Calibration, ProgrammingFire Alarm System 1 tahun 2X pemeriksaan CleaningFire Fighting System 1 tahun 2X pemeriksaan Cleaning, Leakage Test, Calibration, Pressure TestFire Supression System 1 tahun 2X pemeriksaan Cleaning, Calibration, Pressure Test 
Performance test juga sebaiklah dilakukan secara berkala untuk memastikan semua alat dan sistem keamanan masih berfungsi dengan benar. Jangan sampai ketika ada bahaya, alat atau sistem keamanan tidak berfungsi yang justru malah menambah kepanikan dan menyebabkan kerugian tak terelakan. Pastikan kita juga melakukannya dengan ahli yang memang mengerti akan produk dan sistemnya, karena masing-masing memerlukan pemahaman yang mendalam dan mungkin malah membutuhkan peningkatan system tertentu setelah perubahan di lingkungan area anda, supaya lebih maksimal proteksi yang disediakan. Masih banyak lagi yang dapat dijelaskan, namun membutuhkan detail akan area maupun aktivitas yang dilakukan. Sehingga diperlukan konsultasi lanjutan yang lebih bermanfaat dan tepat guna.
Untuk security audit ini, Indolok dapat melakukannya, karena Indolok memiliki ahli dan teknisi dibidang ini diseluruh Indonesia.
Jika kita merasa dengan sudah hadirnya produk maupun sistem keamanan di area kita lalu kita sudah bisa tenang? Jangan lupa masih ada yang harus diperhatikan lagi, yaitu: apakah produk dan sistem yang tersedia tersebut masih prima atau masih dapat diandalkan? 
Jika kita merasa dengan sudah hadirnya produk maupun sistem keamanan di area kita lalu kita sudah bisa tenang? Jangan lupa masih ada yang harus diperhatikan lagi, yaitu: apakah produk dan sistem yang tersedia tersebut masih prima atau masih dapat diandalkan? Untuk konsultasi gratis, silahkan hubungi 0804 133 8383.