Ayo Berkenalan dengan Berbagai Tipe Alat Pemadam Kebaran dan Penggunaannya di Tempat Kerjamu

Hot Work atau Pekerjaan Panas adalah jenis pekerjaan yang menggunakan atau menghasilkan panas atau api seperti pengelasan, pemotongan dan tugas-tugas lain yang sejenis. Karena bahan yang digunakan, karya ini memiliki potensi bahaya, salah satunya adalah ledakan atau kebakaran. Untuk mencegah atau meminimalkan potensi bahaya yang dihasilkan, pelindung api diperlukan, seperti alat pemadam api ringan (APAR) di tempat kerja panas. ?

?
APAR merupakan alat pemadam kebakaran tabung berbentuk dengan berat maksimum 16 kg, mudah untuk digunakan oleh staf / petugas darurat untuk mematikan api di awal api. Jenis dan penggunaan APAR sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu tipe usus buntu dan jenis api. ?
?
Jenis apar terdiri dari air, busa atau busa, bubuk kering, CO2 dioksida atau karbon dan bahan kimia basah. Sedangkan jenis api dibagi menjadi 5 kelas, yaitu kelas A, (api bahan padat kecuali logam), kelas B (cairan, gas dan cahaya uap), kelas C (api listrik), kelas D (api. Metal), dan kelas K (palsu bahan api). ?
?
Penggunaan APAR sesuai dengan jenis type?
?
Jenis air dapat digunakan dalam jenis kelas kebakaran dan jenis bohlam atau busa busa dapat digunakan untuk kelas A dan tipe B api. Dalam jenis api B, Penggunaannya hanya untuk cairan dan uap kebakaran saja, tidak termasuk gas.
?
Ketik bubuk keselamatan sayap digunakan untuk jenis kelas A, B, C dan D, sedangkan jenis CO2 atau karbon dioksida dapat digunakan untuk jenis api kelas B tanpa gas dan kelas C. Berikutnya adalah jenis bahan kimia basah yang digunakan dalam kelas A, api jenis kebakaran dan K.?
?
Sebagai pengetahuan awal, penggunaan APAR itu sendiri bisa dilakukan dengan menghapus keamanan kait, arahkan ke sumber api, tekan dan tekan pemicu untuk semprot dan memperluas ke semua sumber api. (Path).
APAR merupakan salah satu perangkat proteksi kebakaran yang harus di proyek atau tanaman tanaman, menentukan bahwa lokasi APAR harus sesuai dengan ketentuan hukum. APAR penting bagi semua individu, khususnya bidang keselamatan, kesehatan dan keselamatan (K3) dan pekerjaan panas, jika perlu dalam pelatihan untuk memahami penggunaan aparpage yang tepat.