Mengenal Peralatan Pemadam dan Fungsinya

22 Feb 2019

Standar keamanan dibutuhkan pada setiap bangunan dimana potensi kebakaran atau bahaya kebakaran harus diantisipasi dengan peralatan keamanan dan peralatan pemadaman. Berikut ini merupakan peralatan pemadam yang perlu dipersiapkan dan penjabaran fungsinya.

Fire Extinguisher/Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

Alat Pemadam Api Ringan (Fire Extinguisher) yang biasanya disingkat dengan APAR adalah alat yang digunakan untuk memadamkan api atau mengendalikan kebakaran kecil. Alat Pemadam Api Ringan (APAR) pada umumnya berbentuk tabung yang diisikan dengan bahan pemadam api yang bertekanan tinggi. Terdapat beberapa jenis APAR, sbb:

Alat Pemadam Api (APAR) jenis air/water
Alat Pemadam Api (APAR) jenis busa/foam
Alat Pemadam Api (APAR) jenis serbuk kimia/powder
Alat Pemadam Api (APAR) jenis karbon dioksida (CO2)

Wheeled Fire Extinguisher/Alat Pemadam Api Berat (APAB)

Secara umum, penggunaan Wheeled fire extinguisher atau Alat Pemadam Api Berat tidak memiliki perbedaan dengan APAR. Letak perbedaannya hanya pada roda APAB. APAB digunakan untuk wilayah yang lebih luas daripada sekedar sebuah dapur atau sebuah rumah. Keberadaan APAB sangat diperlukan di tempat yang membutuhkan mobilitas tinggi dengan potensi kebakaran yang besar, misalnya di sekolah, kantor, bandara, dan pos keamanan pada perumahan.

Fire Hose (Selang)

Fire Hose merupakan selang pemadam api yang dihubungkan ke pilar hidran pada fire hydrant system.

 

Fire Nozzle

Fire Nozzle adalah pengarah air yang memiliki tekanan yang berasal dari pipa, dan mobil pemadam kebakaran.

Fire Pump / Pompa Kebakaran

Sistem pompa kebakaran yang merupakan bagian dari penyediaan air pada sistem Sprinkler systems atau Fire Hydrant system yang didukung oleh tenaga listrik, diesel atau uap.

Hydrant Pillar / Pilar Hidran

Hydrant pillar biasanya terletak di luar gedung, di tempat–tempat strategis yang mudah terlihat. Fungsinya adalah sebagai keluaran/output air bertekanan dalam jaringan hidran yang akan dihubungkan dengan fire hose untuk mendekatkan petugas pemadam kebakaran ke titik api.

Fire Brigade Equipment / Alat Perlindungan Diri (APD)

Peralatan yang harus dipenuhi setiap orang dengan pekerjaan sebagai pemadam kebakaran meliputi Fire Helmet, Fire Suit, Fire Boots, Self Contain Breathing Apparatus (SCBA).

Penegakan sistem kebakaran  merupakan program penting dalam mencegah terjadinya kebakaran. Pastikan Anda memilih perlengkapan pemadaman yang berkualitas dan memenuhi standar nasional dan internasional. Lakukan pemeriksaan rutin untuk memastikan perlengkapan dapat digunakan kapan saja.