9 Tips Untuk Mengatur Arus Masuk dan Keluar Pengunjung di Gedung Perkantoran

23 May 2019

Gedung tinggi ataupun area dengan arus  masuk dan keluar yang ramai, akan memiliki resiko keamanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan area yang sepi pengunjung. Beberapa tips yang perlu diperhatikan pengelola Gedung atau area sibuk tersebut antara lain:

     1. Keamanan dengan sistem otomatis

Gunakan entrance control gate otomatis untuk mencegah orang yang tidak memiliki izin atau akses masuk.

     2. Registrasi

Dengan sistem otomatis tersebut, maka harus disediakan area dimana pengunjung dapat mendaftarkan identitas mereka dan mendapatkan akses sebelum memasuki Gedung, biasanya dilakukan di resepsionis atau lobi sebelum masuk lift menuju ke lantai yang diperlukan.

     3. Identifikasi

Pastikan akses pintu masuk dapat dikonfigurasi untuk identifikasi pengunjung yang digunakan di dalam gedung dan dapat diintegrasikan dengan pemindai yang diperlukan di area sekeliling Gedung sehingga semua tarcatat dan terpantau dengan baik arus masuk dan keluarnya.

     4. Tingkatan Arus

Cari tahu terlebih dahulu seberapa sibuk arus masuk dan keluar di lokasi, dan pilihlah sistem yang bisa menangani tingkatan kesibukan arus tersebut sesuai kebutuhan anda dengan mengantisipasi minimum waktu untuk antrian.

     6. Integrasi Sistem Keamanan

Pastikan sistem pintu masuk anda sesuai dengan teknologi terbaru access control yang terintegrasi dengan CCTV System dan peraturan setempat, sehingga pemantauan lebih efektif dan terhubung dengan baik. Teknologi untuk mempermudah penanganan keamanan.

     7. Desain

Pilih entrance control gate yang sesuai dengan desain arsitektur di area resepsionis, dengan menambahkan keseluruhan desain dan menjadikan lingkungan yang lebih nyaman. Desain dan warna dapat diharmonisasikan dengan arsitektur di area yang diperoteksi.

     8. Rasio Laba Bersih Terhadap Biaya (ROI)

Tanyakan kepada penyedia system keamanan terkait dengan keuntungan dari berinvestasi menggunakan system ini (ROI) berkaitan dengan lifetime produk, dan efisiensi penggunaan energi.

     9. Organisasi

Peliharalah area resepsionis yang rapi dan nyaman sehingga memudahkan dalam mencari barang-barang yang jarang terlihat.

     10. Pelatihan Rutin

Pastikan semua anggota yang terkait mengerti prosedur keamanan dan juga sigap dalam bertindak jika berada dalam keadaan darurat setiap saat, untuk itu lakukan pelatihan secara berkala.